Penyebab Wasir

Sebab Terjadinya Wasir


Pernahkah Anda merasakan sakit yang menyerang bagian tubuh Anda? Penyakit yang tidak serius atau tergolong penyakit yang tidak berbahaya namun mempunyai rasa sakit yang mengganggu? Barangkali sebagian dari Anda pernah mengalami penyakit semacam ini. Penyakit ini adalah wasir atau ambeien. Penyakit wasir atau yang dikenal dengan nama ambeien ini adalah suatu penyakit yang menyerang pada bagian anus. Penyakit ini berhubungan dengan tekanan pada pembuluh darah. Wasir atau ambeien atau hemoroid merupakan penyakit yang berupa pembengkakan pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang membengkak ini berada di area pantat, baik di area rektum maupun di dalam anus karena wasir ini membuat sebagian pendrita merasa keresahan sebab penyakit ini sulit untuk duduk dan dberdiri.

Berikut gejala yang sudah terjadi pada penyakit wasir
  1. Terjadinya pendarahan saat setelah buang air besar. Dan warna darah yang keluar adalah berwarna merah terang.
  2. Terkadang darah yang keluar ini bersamaan dengan keluarnya feses.
  3. Saat melalui pemeriksaan atau roungent, ditemukan benjolan lunak kecil yang berada di permukaan anus. Adanya benjolan ini dapat menyebabkan rasa nyeri ketika duduk.
  4. Adanya benjolan yang tergantung di bagian luar anus. Benjolan yang semacam ini biasanya harus didorong masuk ke dalam anus lagi setelah buang air besar.
  5. Timbulnya gatal- gatal pada daerah sekitar anus, dan juga nyeri di permukaan anus atau pada tulang ekor.
 Berikut Beberapa Penyebab Umum Terjadinya Wasir

Terlalu Banyak Duduk

Bekerja di depan komputer atau bekerja dengan mengandalkan tangan dan membutuhkan posis yang tenang seperti posisi duduk merupakan salah satu pemicu timbulnya penyakit wasir atau ambeien ini. Bayangkan saja jika bekerja seharian dengan jam kerja 7 hingga 8 jam sehari dan pada waktu jam kerja seperti itu kita hanya sesekali berdiri atau berjalan- jalan, dan sisanya adalah duduk, tentu saja duduk yang selama berjam-jam ini akan membuat badan terasa pegal dan juga pantat akan menjadi panas. Kita semua pasti pernah mengalami hal seperti itu. Atau jika kita sedang dalam perjalanan baik itu menaiki mobil, kendaraan umum atau motor yang waktu tempuhnya selama berjam- jam bahkan hingga berhari- hari, maka dalam hal ini bagian tubuh yang paling tersiksa adalah punggung dan juga pantat. Hal-hal semacam inilah yang terkadang membuat pantat terasa perih dan kemudian akan terasa sakit. Hal ini merupakan salah satu pemicu munculnya wasir atau ambeien ini


Terlalu Banyak Berdiri

Terlalu banyak duduk dapat menimbulkan penyakit wasir atau ambeien. Namun bagaimana jika seseorang terlalu lama berdiri? Ternyata terlalu lama berdiri juga tidak kalah membahayakan, yakni dapat juga menyebabkan penyakit wasir atau ambeien. Jadi, aktivitas yang berlebihanm dan terlalu banyak itu mempunyai sifat yang tidak baik, maka solusinya adalah lakukan segala aktivitas dengan serba secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan.


Hubungan Seksual yang Tidak Sewajarnya

Hubungan seksual yang biasa terjadi adalah antara suami istri yang dilakukan sewajarnya saja, yakni melalui alat kelamin masing- masing (pria dan wanita), yakni melalui penis yang bertemu dengan vagina. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa orang di dunia ini yang suka melakukan hubungan seksual secara tidak lazim. Dikatakan tidak lazim karena tidak melalui alat kelamin. Beberapa orang suka melakukan hubungan seksual melalui anus. Bayangkan saja hubungan seksual yang seharusnya dilakukan pada alat kelamin, ini justru dilakukan pada anus yang bukan tempatnya. Hal ini tentu saja sangat beresiko memunculkan adanya penyakit wasir atau ambeien. Tidak hanya itu saja resiko terkena berbagai penyakit dapat terjadi ke anda.

Mengejan
Mengejan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya penyakit wasir atau ambeien. Dengan mengejan berarti otot- otot kita akan bekerja berkali- kali lipat lebih keras. Beberapa panyekita yang membuat seseorang atau penderitanya mengejan antara lain: pembesaran pada prostat jinak maupun kanker prostat, penyempitan pada saluran kemih, dan juga seringkali melahirkan bayi dalam jarak waktu yang cukup dekat. Terlalu sering mengejan ini tidak baik dan dapat menimbulkan penyakit wasir atau ambeien.
Kurangnya Asupan Makanan yang Berserat

Serat merupakan salah satu jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama pada bagian pencernaan. Apabila kita mengalami masalah pencernaan, misalnya pencernaan kurang lancar, itu tandanya kita kurang mengonsumsi serat. Serat ini sangat bagus digunakan karena dapat memperlancar sistem pencernaan. Oleh sebab itu, konsumsi serat yang cukup akan membantu kita untuk menjauhkan diri dari datangnya penyakit wasir atau ambeien. Hal ini karena pencernaan yang lancar akan menjauhkan kita dari gangguan sembelit yang secara nyata dapat menjadi salah satu hal yang menimbulkan wasir atau ambeien
Pencegahan Penyakit Wasir


Semua penyakit jika di tangani secara benar segala penyakit pasti dapat sembuh dan bagi anda yang belum terkena penyakit dan belum megenai gejala yang seperti di jelaskan di atas alangkah baiknya anda mencegah penyakit agar tidak menyerang anda dengan menjaga pola hidup sehat dan juga menjaga kebersihan jagan lupa makan makanan yang senhat dan hindari makanan terlalu pedas karena makanan pedas dapat memicu ambeien atau wasir. Bagi anda yang sudah terkena penyakit wasir jangan putus asa karena segala penyakit pasti ada obatnya dan terus tawakal dan berusaha mengobati karena kita dapat berusaha mencari pengobatan yang dapat mengilangkan penyakit haya Tuhan Yang Maha Esa.

Penyebab Wasir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown